Materi 5 – Cara membuat gambar digital dengan Sketchbook

Assalamualaikum teman-teman!

Kali ini kita akan membahas tentang gambar digital. Kalau kamu membuat sampul buku, tentu kamu butuh gambar digital supaya dapat dicetak. Jadi sekalipun kamu menggambar di kertas, bukan berarti untuk mencetak kertas kamu itu tinggal dimasukin ke mesin fotokopi ya guys xD percetakan akan butuh gambar digital dari kamu sebagai ilustrator sampul.

🎨🎨🎨 Cara membuat gambar manual menjadi digital

Nah, sebuah gambar manual di kertas bisa dijadikan gambar digital dengan 3 cara:

  1. Difoto
  2. Di-scan
  3. Diwarnai digital

Untuk cara pertama yaitu difoto, teknik pengambilan fotonya sudah kita bahas di materi sebelumnya. Hal yang terpenting adalah mengusahakan fotonya diambil dengan baik dan cukup pencahayaan, sehingga hasilnya tidak perlu banyak diedit. Kalau hasil fotonya kurang bagus, tugas untuk mengedit sebelum gambarnya bersih dan siap cetak itu cukup berat ya guys, yang kemungkinan besar ngga bisa dikerjakan di HP.

Untuk scan, selama kamu scan dengan resolusi tinggi, seharusnya gambar yang didapat itu sudah lumayan bersih, hanya perlu sedikit editing untuk menghilangkan noda pada gambar. Nanti kita bahas di materi berikutnya, cara clean up gambar hasil scan dan foto.

Sekarang kita akan membahas bagaimana caranya membuat sketsa di kertas dan diwarnai digital di aplikasi Sketchbook di HP, sehingga menghasilkan gambar digital. Langsung saya kasih contoh aja ya…

Dari sketsa seperti ini di buku agenda dan difoto asal jepret pula (haha)…

Menjadi begini setelah diwarnai digital di Sketchbook…

Wah, lumayan yaa… memang kalau sekadar coret-coret sepertinya biasa saja, tapi kalau dikerjakan sepenuh hati gambarnya bisa bagus kok. Ngga percaya? Coba lihat hasil gambar anak-anak di proyek Sketchbook Cerivitas kemarin di album foto ini.

Oke, sekarang yuk kita pelajari bagaimana cara membuatnya. Silahkan simak video ini yaa…

🎨🎨🎨 Cara mewarnai digital dengan Sketchbook – Live Action (7 menit)

Kalau videonya ngga kebuka, kamu bisa cek di sini: https://www.facebook.com/cerivitas/videos/1145957925611842/

Kalau quota kamu terbatas dan mau lihat PDF nya, bisa klik di sini. Cuma kalau PDF penjelasannya sedikit dan ngga ada demo nya yaa.. jadi sebaiknya lihat video hehehe…

Setelah kamu lihat Live Action demo Sketchbook, mungkin kamu mau lihat lebih jelas tampilan aplikasinya. Tenang saja, kamu bisa intip di video berikut ini.

🎨🎨🎨 Cara memakai Sketchbook di Tablet (7 menit)

Direct link kalau videonya ngga kebuka: https://www.facebook.com/cerivitas/videos/1145906545616980/

🎨🎨🎨 Cara memakai Sketchbook di HP (5 menit)

Direct link kalau videonya ngga kebuka: https://www.facebook.com/cerivitas/videos/1146007372273564/

Ok guys, sudah cukup paham? Atau masih bingung? Supaya ngga bingung kita cobain aja yuk hehehe…

🎨🎨🎨 Treasure Hunt

Buat para pemburu harta karun, misi kali ini adalah.. JRENG JREENG…

  • Dengan kertas dan pensil, buatlah sketsa 1 obyek gambar. Terserah kamu bendanya apa. Mau pohon boleh, kucing oke, robot atau mobil-mobilan juga gpp, cukup 1 aja.
  • Foto gambar kamu
  • Buka Sketchbook, lalu masukkan fotonya
  • Salin garis sketsa kamu di Sketchbook, lalu warnai
  • Simpan file gambar dan upload ke IG/FB/situs lainnya
  • Copy paste link hasil gambar Sketchbook kamu sebagai reply komentar pada artikel ini

Bonus: 🎁 100 poin πŸ˜€

Yakk, mudah bukan? Kalau masih ada pertanyaan boleh disampaikan di sini atau di grup WA yaa… Selamat mencoba, semoga sukses!

Advertisement

41 thoughts on “Materi 5 – Cara membuat gambar digital dengan Sketchbook”

    1. Ya ampuuuun namiraa gambarnya imut bangeet πŸ˜€ aku suka payung daun dan bunganya kreatif banget haha.. ini dua2nya peri ya? di rumah lagi hujan kah? Di sini lg mendung sih hehe.. good job, namira!

      +100 poin, congrats!

      Like

  1. Yang pakai payung bunga, itu yang peri. Satu lagi yang pakai payung daun seorang anak yang lagi melompat karena bahagia bisa main hujan (kaki nya di tekuk).

    Namira lebih suka buat gambar digital langsung daripada harus pakai sketsa. Ribet katanya, harus dua kali kerja πŸ™‚

    Liked by 1 person

    1. Oalahh haha.. iya sih emang lebih praktis langsung digital yaa xD kalo aku entah knp lebih connect coret2 di kertas dulu, kalo langsung digital kok tangan keringetan salah melulu hahaha

      Like

    1. Wow keren backgroundnya hehe.. iya ya supaya berisi bagusnya ditambahin latar belakang πŸ˜€ jd gmn, enakan langsung gambar di hp atau bikin sketsa di kertas dulu? πŸ˜€

      Liked by 1 person

    1. Walahh ini gambar makanan aku jadi lapeeer ahaha xD bagus ini nada, aku suka roti burgernya keliatan enak tenan πŸ˜€ good job!

      +100 poin

      Liked by 1 person

    1. Uwowww pake jari aja bisa cantik begini hasilnya.. keren! Bikinnya susah ngga? Butuh waktu berapa lama hehe… oh iya kamu udah bisa pake Medibang ya? Enakan mana dengan Sketchbook? Anyway a very good job, Laras!

      +100 poin, congrats!

      Like

      1. Kalau waktu,kayaknya habis 1 jam
        Yaaah…lumayan(sulit)lah
        Kalo medibang menurutkua menu sedikit sulit,jadi kesulitan
        Lebih enak pakai sketchbook sih…
        Ya itu aja ^^

        Liked by 1 person

    1. Wahh aku suka pemilihan warnanya iniii… dira juga lebih suka langsung gambar di tab ya? πŸ˜€ eh apa ini pake wacom di komputer? Good job, Dira ❀

      +100 poin, congrats!

      Like

  2. Object gambar: Kucing
    Link gambar : mozarablog.wordpress.com

    Jadi, aslinya aku cuma mau gambar kucing saja. Tapi, kok rasanya nanti gambarnya jadi biasa-biasa aja (polos), jadilah aku tambahin background gambarnya. Ini pertama kalinya aku gambar pake brush halus (untuk warna) dicampur bolpen (untuk garis) saat mewarnai (nyoba-nyoba lah, yaa :P).

    Maaf kalau kebanyakan dot, lagi suka aja sih, gambar dot xD
    *Amanda*

    Liked by 3 people

    1. Uwaahhh, you made your blog in English! I like the way you explain your drawing process, and the experiments you made in it. I also love the cat haha… I think this is a good job. Well done!

      +100 poin, congrats!

      Liked by 2 people

    1. Wah, rapi banget! Susah ngga ngerjainnya hehe… eh iya pakai Sketchbook yang merah atau yang biru? Ini masih ada background fotonya ya? udah coba hide/sembunyikan layer foto aslinya? Good job, Angga!

      +100 poin, congrats!

      Like

        1. Wah iya aku pun waktu pertama nyoba susah ngepasin garisnya xD oh buat backround sebenernya kita bisa warnain kok, ada cat tuang atau diwarnain manual juga bisa. Tp begini juga keren sih, ada gradasinya hehe

          Like

  3. h/m.facebook.com/story.php?story_fbid=2228214440607562&id=100002570823496

    Link to Farros Kareem elqomary’s very first time SkechBook drawing on mommy’s fb πŸ˜‰πŸ‘Œ

    Liked by 2 people

    1. Naaah ini dia pedangnya utuh huehehe… keren banget lho! Ini ceritanya
      motif di banner/shield ya? Yang senjata melengkung itu apa namanya? Bagian dalam gambar/gagang pedang rapi banget warnainnya.. gimana, susah ga pake sketchbook xD kalau pakai jari masih kagok, nanti coba pakai stylus yaa.. memang pertamanya agak beda dengan pensil biasa dan butuh penyesuaian dulu, tapi kalo udah sering latihan ini enak banget dipake gambar. Ini yang baru nyoba aja udah bagus, gimana nanti pas udah sering latihan hehe… aku suka banget pewarnaannya yang cerah. A very good job, Farros!

      +100 poin, congrats!

      Like

    1. Uwaahh gambarnya warna-warni ceria hehe… pakai icon di sketchbook ya? Aku suka ide gambaran besarnya ada buah2an di sekitar si gigi, menandakan kalau habis makan mesti rajin sikat gigi yaa πŸ˜‰ yang bagian sikat gigi itu pakai kuas apa? Ini masih pakai tangan kan ya warnainnya? Btw ekspresi si giginya lucu juga xD I like it! Good job, Husain!

      +100 poin, congrats!

      Like

    1. Haiii Abii, aduuuh doodle nya imut bangeet hehee… ini ceritanya kayak pac man yang lagi ngintip yaa xD pemilihan warnanya bagus Abi, aku suka ❀ btw ini pakai stylus? Gimana pendapat kamu, lebih enak pakai IbisPaint atau Sketchbook? Anyway good job, Abi!

      +100 poin, congrats!

      Like

    1. Woww keren ini ichaaa, aku suka warnanya yg soft ❀ itu pohon kelapa kyk transparan dgn pulaunya ya? kalau mau ngga transparan sebaiknya garis di dalam batangnya dihapus dulu sblm diwarnain, atau warnainnya pakai kuas yang lebih tebal biar garis pulaunya ketimpa ngga kelihatan hehe.. a very good job, icha!

      +100 poin, congrats!

      Like

    1. Oh, ini pakai Inkscape ya? Kalau mau nanti cobain pakai GIMP ya πŸ˜€ pakai GIMP enak lho bisa langsung diwarnai ngga perlu bikin garis2 batasnya lagi karena hasil scan kamu udah bersih Binar. Pakai Sketchbook juga enak cuma mesti di HP hehe… good job!

      +100 poin, congrats!

      Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s