Materi 4 – Teknik memfoto kertas gambar

Assalamu’alaikum teman-teman!

Siapa yang berencana mengerjakan tugas gambar di kertas? Nah, setelah kamu gambar tentunya kamu scan hasil gambarnya supaya jadi gambar digital, yang nanti diproses lebih lanjut. Tapi bagaimana kalau kamu tidak punya scanner?

Jangan khawatir, kamu tetap bisa mengerjakan tugas kok. Mudah sekali, setelah kamu gambar, kamu tinggal foto gambar kamu pakai kamera atau HP. Tapii… mesti foto di mana? Taruh di lantai atau di bantal, gitu? Gimana kalau nanti hasilnya ada bayangan handphone nya? Waduuh, gimana caranya supaya hasilnya bagus, ya? Yuk, simak video berikut.

Video teknik memfoto kertas gambar (6 menit).

Kalau videonya tidak kebuka, klik direct link berikut: https://www.facebook.com/cerivitas/videos/1145142685693366/

Kalau di rumah kamu sinyalnya jelek sehingga tidak bisa lihat video, kamu bisa lihat PDF slide tersebut di sini.

Update: Selain cara yang dijelaskan di atas, kamu juga bisa mencoba pakai Light Box untuk mendapat foto dengan hasil cahaya yang maksimal. Contoh cara membuatnya di video ini:

Gambar kamu nanti tinggal ditempel di didingnya dan difoto. Foto dari tempat gelap ya, kalau bisa pakai tripod supaya ngga goyang.

Atau kalau kamu mau mau beli light box mini studio ada juga kok di toko online πŸ™‚

Treasure Hunt

Treasure Hunters! Kalau kamu mau dapat tambahan poin, ikuti langkah berikut:

  • Setelah menonton video ini, silahkan coba foto gambarmu di rumah menggunakan teknik ini
  • Setelah itu post fotonya ke IG/FB/situs kamu
  • Lalu tulis link ke foto tersebut sebagai reply comment di bawah ini
  • Kamu bisa mendapat bonus sebanyak 50 poin! Lumayan kaan hehe…

Selamat mencoba, semoga sukses!

Advertisement

38 thoughts on “Materi 4 – Teknik memfoto kertas gambar”

  1. Angga menggambar Ikan Berenang di Laut.

    Foto pertama di kaca samping rumah
    Foto kedua di pagar depan rumah
    Foto ketiga di dinding depan rumah
    Foto keempat di dinding kamar
    Foto kelima di dinding ruang tamu
    Foto keenamdi pintu depan

    Dari keenam hasil Foto maka angga memilih Foto yang diambil di pagar depan rumah. Warnanya paling cerah dan paling mendekati warna asli.

    Fotonya Angga simpan di google drive ya tante Sari, ini link nya πŸ™‚

    https://drive.google.com/open?id=1hEmGksy8NY4yX1Waz-pRWgw-ItEkJjyZ

    Foto yang terpilih Angga upload ke IG Angga yang ini
    https://www.instagram.com/p/BzFGhA-hJ6h/

    Liked by 4 people

    1. Haii Angga, gambarnya keren! Tadi aku lihat2 foto di google drive kamu, kayaknya yang foto di tembok depan rumah lebih bersih ya? yang di pagar ini agak gelap, lalu kamu tambahin warna biru atau itu bayangan pagar? kayaknya menurutku lebih baik ambil yang di tembok depan rumah itu hehe… anyway good job, kamu dah berhasil mengumpulkan paling awal πŸ˜€

      +50 poin, congrats!

      Like

    1. Diraa gambarnya imuuuut ❀ untuk foto ini, perlu diambil full page kelihatan satu halaman kertasnya, kalau ini kan masih kepotong atas bawahnya ya? Tadi aku trial clean up pake gimp, hasilnya aku upload di IG. Good job, Dira!

      +50 poin, congrats!

      Liked by 2 people

    1. Haiii Namiraa.. gambarnya bagus bangeet hehe… ini sama kayak Dira, nanti kalau mau difoto usahakan full page ya, kecuali kalo emang gambarnya mau dipotong. Apa itu kepotong sama IG? πŸ˜€

      Untuk penggunaan pensil warna atau krayon, aku saranin supaya warnanya lebih ditebelin dan kalau ada background yang berwarna (misal langit biru muda), sebaiknya seluruh bidang gambar diwarnai supaya ngga bersisa putih kertasnya, karena putih kertas dengan putih digital itu beda. Sebenernya setelah kita scan/foto dan di clean up di GIMP kita juga bisa nambahin warnanya sih (paint over), cuma aku blm nemu tekniknya yang pas supaya tekstur kertasnya ngga kehapus oleh paint dari GIMP.

      Anyway good job, Namira! Nanti aku pengen bikin video cara clean up nya πŸ™‚

      +50 poin, congrats!

      Liked by 1 person

      1. Iya…mbak Sari. Ini kepotong sama IG nya. Tadi waktu memfoto, dilebihkan kok atas bawah dan samping2 nya.
        Sebenarnya Namira Dira lebih suka gambar digital. Tapi karena mau ngumpulin poin, di sabet aja semua tugas2 yang ada πŸ™‚

        Liked by 1 person

        1. Owh hahaha siapp.. manda juga tp dia malah belom ngumpulin tugas bingung dia mo gambar apa xD

          Like

    1. Wahh jaihan pindah rumah? Ke kota lain atau masih di sana? Btw gambarnya baguus hehe.. itu hasil scan? Kyknya udh rapi kok, td aku edit warnanya malah jadi terang banget xD mungkin aku terlalu banyak ngasih cahaya, kyknya cuma perlu dikit sih supaya gambarnya ga terlalu gelap. Good job, jaihan!

      +50 poin, congrats!

      Liked by 1 person

    1. Wow, gambarnya keren Kayla.. ini bikinnya pakai spidol ya? Baguslah supaya warnanya ngga pudar ketika diedit. Ini gambarnya sepotong karena IG yak haha… gpp yg penting udah tahu cara fotonya. Good job, Kayla!

      +50 poin, congrats!

      Liked by 1 person

    1. Wahh ini kyknya keselip, knp aku blm lihat ya.. aku suka gambar2 nya rere.. yang ketiga itu colorful banget hehe… pake spidol ya? Good job, Rere ❀

      +50 poin, congrats!

      Like

    2. Eh iya, kayaknya sisi bawah kertas bagian kanan agak melengkung ya? nanti coba diusahakan rata.. sama yg gambar ketiga itu ada kepotong, kalau bisa halamannya full difoto hehe… good work though!

      Like

    1. Haiii laras, keren banget ini gambarnya, kamu suka gambar orang yaa hehe… Iya sebaiknya kalau bikin sampul warnanya dipenuhin dan warnanya tebel/jelas kyk gini. Pengambilan fotonya keren lho! Kyknya udh bagus dan rapi. Good job!

      +50 poin, congrats!

      Like

    1. Wow, gambarnya bagus bangeet! Binar suka gambar realis ya? ini udah ditempel di tembok? Yang si penari balet itu kayaknya bagian bawah lebih gelap, mungkin bisa difoto lebih lurus/tepat di tengah gambar supaya cahayanya lebih rata. It’s a good work, though! Keren Binar!

      +50 poin, congrats!

      Like

    1. Wow, Farros bikin light box sendiri yaa.. keren lho! Lampunya tempel di sisi mana? Itu kertasnya kayaknya perlu lebih menempel ke sisi belakang kardus ya.. coba di belakang sudut-sudut kertas ditempelin double tape, karena kalau di satu tempat (di tengah) aja nanti ujung-ujung kertasnya jadi melengkung. It’s a very good job, though! Aku suka gambarnya, kreatif banget hehe… Good job, Husain!

      +50 poin, congrats!

      Like

    1. Ohhh ini dia penampakan light box nya hehe… bagus Farros, ternyata kamu suka handycraft yaa.. gambar pedangnya aku juga suka, terutama detil ukiran di gagangnya. Btw itu kertasnya robek apa gimanaa ahaha xD nanti kalau mau pakai gambar manual kayak gini kertasnya coba ditempel ke dinding belakang kardusnya yaa, supaya ngga ada bayangan abu-abu, krn itu lumayan pegel bersihinnya xD Anyway good job, Farros!

      +50 poin, congrats!

      Like

    1. Wah, yang di pintu depan kayaknya paling bagus ya? Warna dinding hijau di sebelah kanannya masih terlihat terang gitu. Yang di lantai warnanya terang juga, cuma posisinya miring gitu jadi mesti dibenerin pakai Perspective tool, itu pun kadang ada yang ngga bisa sih xD nanti pas gambar buat sampul kalau bisa dipenuhi aja bidang gambar kertas A4 nya, jadi ngga usah pakai border gitu, kecuali kalau ukurannya kamu mau segitu hehe… anyway aku suka gambar lumba2nya πŸ˜€ keren juga idenya bikin gambar pas dia loncat di air terjun gitu. Good job, Icha!

      +50 poin, congrats!

      Like

    1. Oksiap πŸ˜€ tadi aku keburu buka IG duluan malah belom cek di sini hehehe… Komen udh di IG ya, good job Aila!

      +50 poin, congrats!

      Like

    1. OMG…. Khalisa ini keren bangeeeet!!! Sampulnya indah, very artful :”) tulisannya juga rapi AAAAA.. *fangirl mode on

      A very good job!!

      +50 poin, congrats!

      Like

    1. Oh mau post foto hasilnya ya? Upload ke google drive atau IG dulu aja, nanti tulis link ke gambarnya di sini πŸ™‚

      Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s