Spoiler Tugas

Assalamualaikum teman-teman!

Halaman ini berisi kata kunci untuk masuk ke deskripsi tugas, buat kamu yang ingin ikut jalur Fast Track. Dengan jalur ini, kamu akan mendapat tugas baru setiap hari Senin dan Kamis (mengerjakan 2 tugas dalam seminggu). Kalau kamu lebih suka mengerjakan 1 tugas per minggu, kamu bisa ikut jalur Reguler, dan menunggu pengumuman tugas baru setiap hari Senin.

Apabila kamu ikut jalur Reguler dan suatu saat sedang ada waktu longgar dan ingin mengerjakan tugas selanjutnya, tidak masalah. Kamu juga bisa memakai kata kunci di sini untuk melihat deskripsi tugasnya 🙂


Tugas 3

  • Fast Track: Senin 8 Juli 2019.
  • Reguler: Senin 15 Juli 2019.

Apa kamu tahu, menggunakan warna komplementer dalam sampul kamu bisa membuat kontras sehingga suatu elemen lebih mudah terlihat. Kalau penasaran, kamu bisa coba-coba bereksperimen membuat judul dengan warna komplementer ini. Apa itu warna komplementer? Silahkan cari tahu di Google yaa hehe…

Kata kunci tugas 3: Warna komplementer dari biru, dalam bahasa Inggris, tulis huruf kecil semua.


Tugas 4

  • Fast Track: Kamis 11 Juli 2019.
  • Reguler: Senin 22 Juli 2019.

Apa kamu tahu, menggunakan Aturan Sepertiga (Rule of Thirds) bisa membuat sampul bukumu terlihat lebih menarik? Dalam dunia fotografi, Aturan Sepertiga adalah petunjuk bagaimana cara memposisikan objek di sepertiga bagian dalam foto agar lebih enak dilihat. Perhatikan gambar anak dalam foto berikut, yang tidak ditempatkan di tengah, melainkan di sepertiga bagian samping kiri foto. Ingin tahu lebih lanjut? Silahkan Google yaa hehe… 

ruleofthirds

Rule-of-Thirds-2-01-1024x499

Kata kunci tugas 4: Dengan menerapkan rule of thirds dan membuat garis pembantu seperti ini, sebuah gambar akan terbagi menjadi berapa bagian? Hitung kotak di dalam gambar tersebut, tulis angkanya sebagai password.


Tugas 5

  • Fast Track: Senin 15 Juli 2019.
  • Reguler: Minggu 29 Juli 2019.

Apa kamu tahu, ada banyak jenis jilid buku. Masing-masing tentu ada kelebihan, kekurangan, syarat (misal minimal jumlah halaman) dan kegunaan (biasanya dipakai untuk jenis buku apa). Seperti apakah itu? Kita intip yuk…

Kata kunci tugas 5. Jenis jilid apa yang biasanya dipakai untuk menjilid buku novel? Tulis kata pertama dalam bahasa inggrisnya, huruf kecil semua.


Tugas 6

  • Fast Track: Kamis 18 Juli 2019.
  • Reguler: Senin 5 Agustus 2019.

Apa kamu tahu macam-macam ukuran kertas? Kalau kamu punya printer di rumah, kemungkinan besar ukuran kertas yang tersedia di sana adalah kertas A4. Selain ukuran A4, kertas seri A memiliki berbagai ukuran, lho… misal A3 (poster), A5 (buku tulis), A6 (buku mini), A7 (kartu, atau buku notes kecil).

Kertas Seri A adalah kertas standar ukuran internasional yang sering dipakai. Semakin besar nomor urutnya, kertasnya semakin kecil Jadi Kertas A5 itu lebih kecil dari A4. Uniknya, ukuran kertas selanjutnya didapat dengan cara membagi dua kertas sebelumnya. Jadi A5 itu didapat dari membagi dua kertas A4. A6 itu ukurannya setengah dari A5. Dan seterusnya.

gambar_ukuran_kertas

Lalu bagaimana dengan ukuran kertas untuk membuat buku? Tentu ada bermacam-macam juga. Buku yang satu bisa beda dengan yang lain. Ini hanya contoh panduannya saja.

ukuranbuku

Kata kunci tugas 6. Jenis kertas terkecil pada gambar ini yang dipakai untuk mencetak buku saku. Tulis dengan huruf besar.


Tugas 7

  • Fast Track: Senin 22 Juli 2019.
  • Reguler: Senin 12 Agustus 2019.

Apa kamu tahu, sampul buku yang dicetak pada art carton itu rentan terhadap air dan goresan? Untuk itulah biasanya sampul kita laminasi, yaitu proses pelapisan bahan tipis pada sisi kertas. Seperti laminasi KTP, sampul buku yang dilaminasi ngga akan langsung rusak ketika tergores kuku atau terbentur benda. Juga ngga akan langsung basah saat ada air atau minyak yang menetes. Kamu tinggal lap dengan kain atau tisu, nodanya ngga berbekas di sampul buku kamu.

Ada jenis laminasi glossy yang licin dan memantulkan cahaya sehingga permukaan sampul kelihatan terang dan mengkilap. Ada juga laminasi doff yang kesat dan tidak memantulkan cahaya, terlihat lebih redup. Untuk mengetahui bedanya, ada baiknya kamu coba semuanya. Bagaimana sih tampilan sampul yang tidak dilaminasi? Kalau dilaminasi doff dan glossy gimana hasilnya?

Kalau kamu cari info lebih lanjut di Internet, ada anjuran jenis laminasi untuk sampul buku. Tapi kalau kamu sudah coba dan lebih suka hasil dari laminasi yang lain, ya tidak apa-apa pakai sesuai keinginanmu ^^

Perbedaan-Antara-Laminasi-Doff-dan-Laminasi-Glossy-MakinTahu.com_

Kiri: laminating glossy

Kanan: laminating doff

Kata kunci tugas 7. Anjuran jenis laminasi untuk sampul buku di Special Mission, tulis huruf kecil semua.


Tugas 8

  • Fast Track: Kamis 25 Juli 2019.
  • Reguler: Senin 19 Agustus 2019.

Apa kamu tahu, saat kita melihat sebuah sampul buku, ada arah baca yang paling nyaman diikuti. Contoh tata letak sampul dengan arah baca yang nyaman ini namanya Gutenberg dan Z layout.

Pada Gutenberg layout, sampul kamu dibagi jadi 4 bagian. Arah baca yang dipakai adalah serong ke bawah. Jadi mulai dari area kiri atas menuju kanan bawah. Artinya, bila kamu meletakkan elemen sampul pada area ini, sampul kamu jadi lebih nyaman dilihat. Kalau penasaran, coba deh kamu eksperimen, letakkan judul di kiri atas, gambar tepat di tengah, dan nama penulis di kanan bawah 😉

Pada Z layout, arah baca yang dipakai adalah seperti huruf Z. Mulai dari kiri atas ke kanan atas, lalu turun ke kiri bawah dan berakhir di kanan bawah. Untuk lebih jelasnya bisa lihat di gambar berikut.

Diagonal-Scan-1-03-841x1024

Kata kunci tugas 8. Jenis layout sampul dengan arah baca serong ke bawah, tulis huruf kecil semua.


Tugas 9

  • Fast Track: Senin 29 Juli 2019.
  • Reguler: Senin 26 Agustus 2019.

Apa kamu tahu, kamu bisa menciptakan fokus pada sampul kamu dengan menggunakan beberapa trik berikut.

  • Ukuran. Semakin besar ukuran elemen akan menjadi titik fokus. Tinggal kamu memutuskan, ingin pembaca fokus pada judul atau pada karakter di sampul kamu?
  • Isolasi. Letakkan hal yang ingin kamu fokuskan pada tempat yang lowong dan tidak banyak tekstur/detil.
  • Tengah. Elemen yang kamu letakkan di tengah akan lebih mudah dilihat dan menjadi fokus daripada elemen yang kamu letakkan di pinggir.
  • Kontras. Obyek yang terang akan menjadi fokus saat diletakkan di tempat yang gelap, dan sebaliknya. Penggunaan warna komplementer juga bisa membantu menciptakan fokus. Apa kamu masih ingat apa itu warna komplementer? 😉
  • Posisi dan arah pandang tokoh. Biasanya kita akan mengikuti arah pandang tokoh yang kamu gambar di sampul. Misal kalau ada anak kecil melirik ke kiri, otomatis mata kita ikut melihat ke kiri. Usahakan agar arah pandang pembaca tidak keluar dari sampul.

Focal-Point-04-790x1024

Kata kunci tugas 9. Pada gambar di atas, judul menjadi fokus karena diletakkan pada latar langit cerah dengan warna font … (tulis huruf kecil semua).


Tugas 10

  • Fast Track: Kamis 1 Agustus 2019.
  • Reguler: Senin 2 September 2019.

Apa kamu tahu, untuk membuat desain sampul buku yang bagus, sebaiknya kamu tahu ukuran lebar punggung buku yang diperlukan. Kalau kamu mendesain punggung buku setebal 3 cm, padahal pas dijilid buku kamu cuma 1 cm, tentu punggung bukunya jadi jelek/terpotong. Lalu bagaimana cara menghitungnya?

Logikanya sih lebar 1 lembar kertas x jumlah lembar buku kamu. Tapi siapa yang bisa ukur lebar 1 lembar? Tergantung jenis kertas. Sedangkan ukuran kertas biasanya diberikan dalam satuan gram, misal HVS 70 gr, HVS 80 gr, art paper 120 gr, dll. 

Kalau kamu cetak dengan memakai kertas HVS, paling mudah kamu coba hitung sendiri di rumah 😀 Tumpuk kertas HVS sebanyak jumlah lembar buku kamu, lalu ukur tebalnya. Cara lain, bisa pakai kalkulator punggung buku di Internet. Contohnya seperti ini. Saya sudah coba hitung untuk jenis kertas HVS 80gr, hasil perhitungannya benar.

https://www.gutenberg.com.mt/spine-width-calculator

punggungbuku

Kata kunci tugas 10. Menggunakan kalkulator di atas, berapa mm kah lebar punggung buku dengan kertas HVS 80gr uncoated jilid paperback, untuk buku dengan isi 200 halaman? Tulis angkanya.

 

 

 

 

Advertisement