Materi 6 – Cara membersihkan foto/hasil scan gambar manual dengan GIMP

Assalamualaikum teman-teman!

Buat kamu yang ingin membuat sampul dengan gambar manual, kemarin kita sudah belajar bagaimana teknik mengambil foto gambar kamu dengan hp. Nah, tentu kamu bisa lihat kekurangan cara tersebut adalah gambar yang dihasilkan sering kali perlu diperbaiki dulu. Entah itu ditambah cahaya, dibersihkan dari noda, dll.

Lebih lumayan kalau kamu punya scanner, hasil scan gambar itu biasanya cukup bersih. Tapi itu pun kamu harus jeli, kadang masih ada noda yang perlu dibersihkan.

Nah, kali ini saya akan mengajak kamu belajar membersihkan hasil foto/scan dari gambar kamu, dengan memakai software di komputer yang bernama GIMP.

Kalau kamu mau langsung mencobanya sembari melihat video, silahkan download dan install dulu dari link berikut:

https://www.gimp.org/downloads/

https://gmic.eu/download.shtml

Video cara membersihkan gambar dengan GIMP – Part 1 – Eraser tools (8 menit). Credits gambar: Khalisa Shasie


Direct link:
https://www.facebook.com/cerivitas/videos/1147657388775229/

Video cara membersihkan gambar dengan GIMP – Part 2 – Selection dan Paintbrush tools (7 menit). Credits gambar: Davi Rotua


Direct link:
https://www.facebook.com/cerivitas/videos/1147751912099110/

Video cara membersihkan gambar dengan GIMP – Part 3 – Color curves tools (4 menit). Credits gambar: Izdihar Ritonga

Direct link:
https://www.facebook.com/cerivitas/videos/1147848662089435/

Video cara membersihkan gambar dengan GIMP – Part 4 – GMIC Foreground Extraction tools (6 menit). Credits gambar: Altaf Zahir


Direct link: https://www.facebook.com/cerivitas/videos/1147907658750202/

Nah, bagaimana? Ternyata cukup banyak caranya ya… sebenarnya masih ada lagi, soalnya banyak jalan menuju roma hehehe… Kamu coba dulu dengan cara di atas, pilih salah satu cara yang cocok buat gambarmu. Mau dicobain semua juga boleh kok 😀

Treasure Hunters

Buat kamu para treasure hunters, kali ini misi kamu adalah…

  • Buatlah gambar ilustrasi berwarna di kertas dari cerita yang kamu buat di Materi 3. Kalau kamu ngga mengerjakan tugas materi 3, boleh bebas gambar atau pakai foto yang kamu ambil untuk Materi 4, atau foto gambar yang sudah pernah kamu simpan.
  • Foto atau scan hasil gambar kamu.
  • Bersihkan foto atau hasil scan tersebut di GIMP.
  • Upload hasilnya ke FB/IG/website kamu, lalu tulis link nya di komentar artikel ini.
  • Bonus: 150 poin 😀

Nah, selamat mengerjakan yaa, semoga sukses!

Advertisement

11 thoughts on “Materi 6 – Cara membersihkan foto/hasil scan gambar manual dengan GIMP”

  1. Gambar berasal dari: Materi 4-5
    Link ke gambar : mozarablog.wordpress.com

    Aku agak bingung mau bagaimana.. soalnya aku engga gambar ilustrasi untuk Materi 3 (lebih tepatnya karena males sih :P), nah karena itu, aku edit saja gambar yang kugunakan untuk Materi 4 dan 5. Dan karena Materi 5 itu disuruh bikin objek gambarnya satu aja, jadinya pas di edit juga cuma satu deh objek di gambarku (cuma ada kucing di gambar).

    Aku juga tadi pada saat edit di Gimp, sempat agak kesusahan. Soalnya, setelah aku menghapus background gambarnya. Lah, terus ada garis yang ikut-ikutan kehapus juga?? Karena itu aku jadinya nebelin garisnya dulu dan susah banget doong..

    Itu garisnya kenapa ya? Apa karena warna garis dengan backgroundnya sama, jadinya kehapus. Tapi, kalau karena warnanya sama, kenapa ngga semuanya kehapus, semua warnanya sama kan?

    *Amanda*

    Liked by 2 people

    1. Oh itu kamu pencet Fuzzy Select Tool dan ada garis yang kehapus ya? Jadi si Fuzzy Select itu tugasnya memilih bagian gambar yang berhubungan yang warnanya sama (atau hampir sama). Kalau ada garis kamu yang kehapus, berarti si Fuzzy Select menganggap garis kamu itu warnanya hampir sama dengan warna yang di-select (warna kertas). Dengan kata lain, garis batas kamu terlalu tipis/kurang tebal. Untuk mengatasinya, usahakan saat menggambar garis kamu ditebalkan dengan drawing pen atau spidol, atau sekedar dibuat lebih tebal dari bagian sekitar 🙂 Anyway good job, Amanda! Semoga bisa jadi catatan untuk gambar selanjutnya yaaa hehe…

      +150 poin, congrats!

      Liked by 1 person

    1. Wow, kereen bisa rapi jali begini… pakai tools apa? Color curves dan eraser? Bagus ini kerjaan yg rapi. Beberapa kali coba nanti bisa cepet paham yang mana tools yg perlu dicoba dulu hehe… a very good job, Angga!

      +150 poin, congrats!

      Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s