Tugas 1 – Kinai

Jenis cerita : Cerita petualangan

Petunjuk cerita : Burung

Petunjuk gambar : Salju

Judul cerita : Pikaro di Templo Mayor

Nama penulis : Kinai

Advertisement

2 thoughts on “Tugas 1 – Kinai”

  1. Haloo Kinai, apa kabaaar 😀

    Kinaaaii gambarnya aku suka bangeet hehe… rapi dan pemilihan warnanya enak dilihat. Btw ini aku terima gambarnya kok ukurannya jadi kecil ya? Waktu di Export kamu udah pilih resolusi image nya 300 dpi? Pas file pertama dulu udah bener tuh ukurannya A4, yang kalo dibagi dua jadi A5. Kyknya masalah export PNG aja sih, si inkscape itu defaultnya bukan 300 dpi soalnya, mesti kita liat dan ganti sendiri.

    Nah lalu ini ada beberapa elemen sampul yang masuk area Bleed, daerah kertas yang ada kemungkinan terpotong oleh mesin sampul, kira2 +- 1cm. Bagian judul di sampul depan sepertinya agak mepet kanan ya, jadi ngga persis di tengah. Kamu pakai align – center ngga? Caranya gambar latarnya kamu bagi dulu jadi 2 bagian yang terpisah. Pakai object – clip – set. Lalu dulu klik teks nya, klik gambar belakang, pilih object – align & distribution – pilih relative to Last Selected, pilih Center on Vertical Axis. Nanti teks nya akan persis di tengah object latar.

    Yang sampul belakang juga gitu, deskripsi bukunya perlu di tengahin, yang baris ke 4 itu agak geser kanan soalnya. Kalo aku mungkin akan bikin kayak gini:

    1. Setelah scan kertas A4 dan masukin ke Inkscape, aku potong dulu gambarnya jadi 2
    2. Lalu bikin object rectangle buat punggung buku, ukuran 1,5 x 21 cm. Ini bisa juga berupa gambar di kertas yg terpisah dengan kertas sampulnya
    3. Masuk2in elemen sampul depan, belakang, dan punggung buku. Aku pake align & distribution center untuk judul buku dan deskripsinya. Yang judul di tengah itu aku kecilin dikit supaya ujung kata “mayor” nya bisa pas di luar area bleed. Judul “Pikaro” nya juga aku kecilin dikit supaya ga nabrak gambar kuilnya.

    Ohya, untuk menandakan garis tengah/pembatas sampul depan-belakang di kertas A4, sebaiknya kertasnya jangan dilipat, karena nanti akan berbekas. Kamu garis aja pake penggaris, gunakan pensil yang tipiiis.. nanti setelah kamu gambar, bisa kamu hapus garis bantunya. Kira2 gitu hehe… kalau masih ada yg bingung cara pake Inkscape atau yg lainnya tanya aja yaa..

    Overall this is a very good cover, neat illustration, gambarnya fokus dan bisa mewakili isi cerita. I really like it! Great work, Kinai!

    Poin:
    – sampul depan: 60
    – sampul belakang: 60
    – punggung buku: 30
    – ketepatan waktu: 50
    Total: +200 poin, congrats!

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s